Partner Konsorsium Multimedia

Kontrol Keliling Regu Pengamanan Rutan Kota Agung, Hal Wajib untuk Antisipasi Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban

Kotaagung, – Komandan Jaga melakukan kontrol keliling sebagai upaya deteksi dini dan prevensi keamanan dan ketertiban di sekitar Rutan Kota Agung, juga dalam rangka peningkatan kewaspadaan terhadap indikasi gangguan keamanan oleh pihak Pengamanan (Karupam), Nolan Saputra didampingi oleh Wakil Kepala Regu Pengamanan, papin Edu S berserta jajaran Pengamanan yang bertugas saat itu, Jumat (29/07/2022).

sehingga perlu dilakukan kontrol dan pengawasan secara ketat pada area atau titik rawan yang dapat dimanfaatkan sebagai celah untuk melakukan pelarian. Kontrol keliling dilakukan menggunakan aplikasi QR Barcode di mana aplikasi ini kita sebut Barcode Keliling ( Barling) yang mengharuskan tiap Karupam untuk memindai barcode yang dipasang di beberapa titik rawan usai melaksanakan kontrol dan pengawasan area tersebut.

Kepala Rumah Tahanan Negara, Akhmad Sobirin Soleh mengatakan bahwa dalam menjaga keamanan di Rutan, kontrol menjadi hal yang penting untuk dilakukan. “Dalam memastikan keamanan dan ketertiban di Rutan hal penting yang harus terus dilakukan adalah kontrol. Hal ini harus dilakukan secara rutin oleh setiap petugas pengamanan yang berjaga baik terhadap area sekitar Rutan dan terkhusus terhadap blok hunian warga binaan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa dalam melakukan kontrol setiap petugas pengamanan harus benar-benar memastikan bahwa keadaan aman dan kondusif. “Saat melakukan kontrol juga petugas tidak hanya memantau dan berkeliling saja. Tetapi harus benar-benar memastikan setiap aktivitas warga binaan tidak ada yang berupaya untuk melakukan hal-hal diluar aturan. Dan yang terpenting juga adalah petugas wajib melakukan pengecekan kembali terhadap gerbang, pintu, gembok, dan teralis Kamar Hunian Serta Area Branggang agar memastikan semuanya dalam keadaan baik dan aman terkendali, pungkasnya.

Komandan Jaga, Nolan Saputra pada kesempatan ini menuturkan setiap Petugas harus selalu waspada dalam menjalankan tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban. “Kita sebagai Petugas Pengamanan harus selalu waspada dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diberikan untuk menjaga keamanan dan ketertiban Rutan,” tuturnya.

Dia juga menambahkan Dalam pelaksanaan tugas agar selalu rutin untuk melakukan kontrol keliling dan dan pengawasan di sekitar Rutan. “Pengawasan dan kontrol keliling harus terus dilakukan, dalam memastikan keamanan dan terjaminnya kelengkapan Warga Binaan,” pungkasnya.
(Mas’ud)

Leave a Comment