Partner Konsorsium Multimedia

Hasrun Afandi Umpusinga (Tokoh Kepemudaan, Aktivis Lingkungan, Mountainer, Dosen)

Mediarepublika. Com- bagian yang sangat penting dan vital merupakan human Investment untuk mewujudkan pembangunan bangsa sesuai dengan amanat konstitusi Republik Indonesia yaitu untuk mensejahterakan kehidupan bangsa. Tentu pemuda harus membekali diri kearah yang konstruktif dan semata mata karena kecintaaan terhadap tanah air. Konstruksi yang dapat dilakukan adalah dengan secara continue belajar memperdalam pengetahuan yang dimiliki dalam bidang yang ditekuni, pemuda harus selalu menjaga dan merawat integritasnya, mempunyai semangat pantang menyerah dan mampu memimpin dirinya sendiri serta dapat bekerja sama dalam penggapaian cita, selalu berfikir kritis dan terus tergerak melawan keadaan yang destruktif. Sejak dini pemuda harus bersikap jujur, berani dan bertanggung jawab, runtuhnya negeri ini dikarenakan karena kesalahan masif dibiarkan sehingga terbentuk sebuah kebiasaan. Harapan kita semua pemuda indonesia menjadi pemuda yang terpelajar, pemuda yang sejak dalam fikiran harus dapat berbuat baik apalagi dalam tindakannya.

 

Dalam sebuah quote seorang aktivis lingkungan di era orde lama, bahwa cinta tanah air Indonesia dapat ditumbuhkan dengan mengenal Indonesia bersama rakyatnya dari dekat. Jelas disini bekal pemuda bukan hanya mengkonstruktionalkan dirinya sendiri, pemuda harus juga membumi (peduli dan adil), bersosialisasi dekat dengan lingkungan dan masyarakatnya.
Pembelajaran dan ketergerakan hati seseorang akan bangkit jika melihat hal yang nyata, demikian pun dengan strategi pembelajaran pengambilan keputusan, seseorang dapat dengan lebih akurat mengambil keputusan apabila orang tersebut dihadapkan dengan sebuah kondisi dimana orang tersebut berada dipusarannya.

 

 

Jika hal yang kita harapan tersebut sudah menjadi dominasi mental pemuda indonesia, saya yakin apa yang diucapkan Bung Karno mengacu pada judul tulisan ini akan terwujud dan saya harapkan kita dapat menjadi bagian pemuda seperti yang diinginkan bung Karno, menjadi bagian pemuda yang dapat mengguncang dunia.

semoga memberikan kebermanfaatan.

Leave a Comment