Partner Konsorsium Multimedia

Gandeng BNN, Kepolisian dan TNI, Lapas Narkotika Bandar Lampung Gelar Razia Gabungan

Bandar Lampung – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Bandar Lampung bersama Badan Narkotika Nasional (BNN), Kepolisian dan juga TNI melakukan apel siaga dan razia gabungan pada kamar hunian narapidana, Jumat (05/04).

Inspektur/Pembina Apel Siaga 3+1 Berantas Narkoba di Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung dihadiri langsung Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung Kusnali.

Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung Ade Kusmanto mengungkapkan tujuan dari kegiatan apel siaga dan razia ini ialah optimalisasi penegakan keamanan dan ketertiban (kamtib) dengan penerapan deteksi dini, berantas narkoba, dan sinergi dengan aparat penegak hukum.

“Hari ini kami melakukan Razia Gabungan bersama pihak BNN, Kepolisian dan juga TNI, ini merupakan komitmen Lapas Narkotika Bandar Lampung dalam memerangi penyalahgunaan narkoba, pungli dan handphone,”ungkap Kalapas.

Selanjutnya, razia gabungan berantas halinar ini juga merupakan arahan dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan untuk menggelorakan semangat 3 Kunci Pemasyarakatan Maju + Back to Basics menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024.

“Aspek 3 kunci pemasyarakatan maju selalu kami implementasikan dalam melaksanaan tugas khususnya pengamanan dengan melakukan deteksi dini, berantas penyalahgunaan

narkoba dan juga sinergitas dengan aparat hukum sebagaimana yang saat ini kita lakukan,”jelasnya.

Adapun teknis dalam razia gabungan kali ini ialah membagi sejumlah tim dan

menggeledah secara acak kamar warga binaan yang berada pada lima blok hunian diantaranya blok A,B,C,D dan E.

“Setelah tadi melakukan apel, kemudian kami membagi tim yang masing-masingnya terdiri dari anggota BNN, Kepolisian, TNI dan juga petugas Lapas Narkotika Bandar Lampung. Penggeledahan dilakukan diseluruh kamar hunian narapidana secara

acak,”paparnya.

Hasil razia gabungan halinar di Lapas Narkotika Bandar Lampung tidak ditemukan benda- benda seperti handphone dan juga narkoba. Kemudian, telah dilakukan juga tes urine

bagi warga binaan secara acak oleh petugas.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan kondusif serta tidak ditemukannya barang-barang seperti handphone dan juga narkoba serta hasil tes urine semuanya negatif,”tuturnya.

Diakhir, Kalapas memberikan apresiasi atas sinergitas yang terjalain antara pihak BNN, Kepolisian dan juga TNI.

“Apresiasi juga saya sampaikan setinggi-tinggi nya kepada sejumlah aparat penegak hukum khususnya Badan Narkotika Provinsi Lampung, Komandan Rayon Militer 421-09/Tanjung Bintang, dan Kepolisian Sektor Jati Agung yang telah membantu mewujudkan keamanan dan ketertiban serta bersama-sama berkomitmen mewujudkan Lapas

Narkotika Kelas IIA Bandar Lampung bersih dari Halinar,”pungkasnya.

Leave a Comment