Partner Konsorsium Multimedia

Oknum Guru Kuripan Paksa Murid Bayar LKS Harga 17.000 per Buku

Kotaagung, – Salah satu Wali Murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kuripan Kecamatan Kotaagung – Tanggamus mengeluhkan adanya tindakan Oknum Guru di sekolah tersebut yang diharuskan murid membeli Lembar Kerja Sekolah (LKS) senilai kurang lebih Rp.17.000 per Buku.

Hal tersebut diungkapkan (RM) selaku Narasumber salah satu Wali Murid SDN 1 Kuripan kepada media ini. Menurutnya kejadian tersebut bermula dari Adiknya (Murid) yang memberi tahu bahwa pihak sekolah telah mengeluarkan LKS edisi pendidikan Agama.
“Awalnya saya kira mahal sekali harga LKS itu, akhirnya saya Fotokopy saja LKS milik temannya, kemudian adik saya datang memberi tahu bahwa Fotokopy miliknya diambil oleh Oknum Guru tersebut dan diharuskan membeli LKS,” katanya.

Adanya peristiwa tersebut memungkinkan bahwa Oknum guru diduga melakukan Praktik KKN (Kolusi,Korupsi dan Nepotisme), pasalnya Pemerintah Republik Indonesia telah mengeluarkan adanya Program Dana BOS (Biaya Operasi Sekolah) yang bertujuan untuk kesejahteraan pendidikan dan meningkatkan angka pendidikan dari putus sekolah.

Sementara itu, Oknum Guru tersebut saat dimintai keterangan, dirinya menjelaskan bahwa pembelian LKS tidak berhubungan dengan Guru dan tidak ada paksaan.

“Maaf sebelumnya, untuk pembelian LKS tidak ada hubungan nya dengan guru, karena penjual meminta izin kepada KS (Kepala Sekolah) untuk menawarkan buku LKS ke murid secara langsung dan tidak ada paksaan dari guru wajib membeli. Terkait berita yang bapak sampaikan mungkin akan saya konfirmasi dengan ks dan guru-guru kami,”singkatnya.

Sampai diterbitkannya berita ini, KS dan Pihak Berwajib belum bisa dikonfirmasi. (Red/Ibnu Mas’ud)

Leave a Comment