Partner Konsorsium Multimedia

KETUA TP.PKK KAB. PESAWARAN HJ. NANDA INDIRA DENDI,S.E.,M.M HADIRI RAPAT KOORDINASI PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING TINGKAT

PesawaranKetua TP.PKK Kab. Pesawaran Hj. Nanda Indira Dendi,S.E.,M.M hadiri Rapat Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Pesawaran Tahun 2023.

Rapat berlangsung di Balai Desa Bogorejo Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran(Selasa, 10 Januari 2023) .Jumlah hadir peserta Rapat Koordinasi TPPS Tingkat Kabupaten berjumlah 60 orang, yang terdiri dari 24 orang Anggota TPPS Kabupaten Pesawaran, 11 orang Camat se-Kabupaten Pesawaran, 11 orang Koordinator Penyuluh KB Kecamatan dan 14 orang Kepala Puskesmas se- Kabupaten Pesawaran.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Nanda menyampaikan laporan serta tujuan umum dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalisasi tugas dan fungsi TPPS Kabupaten Pesawaran dan memastikan jalannya pelaksanaan Program Percepatan Penurunan Stunting secara konvergensi dan terintegrasi di Kabupaten Pesawaran.

Di sela-sela acara Nanda juga menjelaskan Capaian Stunting Kabupaten Pesawaran yang telah terbentuk 256 Tim Pendamping Keluarga (TPK) dengan 768 Kader TPK yang terdiri dari Bidan, Tim Penggerak PKK, Kader Institusi Masyarakat Pedesaan, yang telah mendapatkan orientasi dan materi berupa : -Pemutakhiran Data Sasaran Keluarga Beresiko Stunting;-Aplikasi Elsimil bagi Tim Pendamping Keluarga;-Variabel Terpilih dalam Pemantauan Fase Hamil dan Pasca Persalinan;Adapun Perkembangan Prevalensi Stunting Kabupaten Pesawaran Tahun 2017-2021 :Tahun 2017 : 35,20% Berdasarkan Pemantauan Status Gizi Tahun 2018 : 27,49% Berdasarkan RiskesdasTahun 2019 : 13,14% Berdasarkan E.PPGBMTahun 2020 : 4,30% Berdasarkan Survei Status Gizi (SSGI) Tahun 2021 : 17,60% Berdasarkan E.PPGBM Tahun 2022 : 3,50% Berdasarkan SSGI dan E.PPGBM.”Hal ini tidak terlepas dari usaha kita bersama melalui kegiatan Spesifik Stunting yang dilakukan antara lain :

(1) Pemberian Tablet Tambah Darah dan Pembinaan Kesehatan Reproduksi Remaja,

(2) Pemantauan dan Pendampingan Pertumbuhan dan Perkembangan Balita,

(3) Pembinaan dan Pemeriksaan Kualitas Air Minum,

(4) Kampanye 5 Pilar STBM, oleh Dinas Kesehatan Pesawaran”,pungkasnya.Diakhir sambutannya Nanda berharap kerjasama ini mendapat hasil yang positif terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Pesawaran yang sehat jasmani dan rohani.

Leave a Comment