Partner Konsorsium Multimedia

Mahepel Unila Mengajak Fokus Atasi Masalah Lingkungan

mediarepublika.com- Bandar Lampung – Pada hari Sabtu 5/10/2019 bertempat di Gedung Student Centre Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unila, Mahepel Unila resmi membuka program pendidikan dan pelatihan yang dibuka oleh Dekan FEB Unila Prof. Satria Bangsawan dan diawali dengan kegiatan Seminar Manajemen Organisasi dan Lingkungan dengan tema “Become a Leader Who Cares About Environment”.

Dekan FEB Unila (5/10) menyatakan, “Demi terciptanya lingkungan yang bersih dan asri, segala kegiatan Mahepel Unila yang mengarah kepada pelestarian lingkungan akan selalu didukung penuh”. Kegiatan ini juga melibatkan beberapa narasumber, seperti Hasrun Afandi U.S. dari pihak akademisi sekaligus senior Mahepel Unila, Nisfu Apriana anggota DPRD Kota Bandar Lampung, serta Irfan Tri Musri selaku Direktur WALHI Lampung.

Forum diskusi yang melibatkan organisasi pecinta alam se- Lampung serta berbagai lembaga kemahasiswaan ini selain memberikan pemahaman tentang masalah lingkungan yang sedang marak terjadi, juga menjadi sarana penghubung aspirasi atas keresahan masyarakat tentang masalah lingkungan yang ada kepada pemerintah daerah.

Mesran Hasta R. salah satu perwakilan pecinta alam Maharipal UIN Raden Intan Lampung menegaskan, “Seharusnya dengan banyaknya komunitas pecinta alam yang ada di Bandar Lampung khususnya masalah lingkungan bisa cepat diselesaikan. Salah siapa ini, dukungan pemerintah yang kurang kah ? atau antusias gerakan pecinta alam yang kurang ?”.

Irfan Tri Musri Direktur WALHI Lampung (5/10/2019) menanggapi bahwa , “Permasalahan ini dapat dilihat dari dua sudut pandang, jika dilihat dari sisi kiri ini bisa dikatakan menjadi kesalahan pemerintah karena ini merupakan tanggung jawab pemerintah itu sendiri dalam menyelesaikannya, sementara apabila dilihat dari sisi kanan Gerakan Pecinta Alam yang sudah banyak dilakukan dinilai masih kurang didengar oleh wakil rakyat untuk diteruskan kepada pemerintah demi menjalankan solusi dan penyelesaian nya. Jadi kalau kita ambil tengahnya, janganlah berhenti berjuang untuk menyuarakan masalah Pelestarian Lingkungan ini.”

Sedangkan Nisfu Apriana sebagai perwakilan anggota DPRD Kota Bandar Lampung menambahkan, “Memang masalah lingkungan ini begitu kompleks maka secara bertahap akan kita laksanakan forum dialog bersama organisasi organisasi pelestari lingkungan yang ada mengenai masalah lingkungan ini untuk kemudian bersama pemerintah daerah mencari solusi dalam menyelesaikan nya”. Hasrun Afandi U.S. juga ikut menambahkan, “Gerakan pelestarian lingkungan ini harus terus disuarakan dengan manajemen yang baik agar visi, misi, dan tujuan dari gerakan dapat berdampak baik dan responsif menjawab permasalahan permasalahan yang ada” ujarnya.

Leave a Comment