Partner Konsorsium Multimedia

MENYAMBUT GAGASAN LAMPUNG BERJAYA


mediarepublika.com- Terlantiknya Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, tentunya masyarakat menginginkan Lampung berkonstruksi ke arah yang lebih baik selaras dengan keinginan Gubernur Lampung untuk menjadikan Provinsi Lampung Berjaya pada sektor pertanian, pendidikan, infrastruktur, agama hingga pariwisata terdapat pertanyaan yang muncul, mungkinkah impian the new Leader terwujud?
Hasrun Afandi UmpuSinga, dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Metro yang juga mantan Ketua Pemuda Persatuan Indonesia Provinsi Lampung merasa selaras dan mempunyai motivasi yang kuat untuk berkontribusi dalam merealisasikan Lampung Berjaya seperti yang diungkapkan The New Leader Arinal Djunaidi.
Lampung sudah mempunyai modal untuk membawa Provinsi ini semakin Berjaya, setidaknya akses transportasi sudah kita punyai dan sudah modernisasi, mulai dari Bandara, pelabuhan dan jalan raya kita sudah mumpuni untuk modal kejayaan tersebut, akses transportasi yang memadai adalah infrastruktur penunjang apabila kita sinergiskan kepada sektor pariwisata. Dahulu masyarakat Jakarta rela bermacet-macetan untuk berlibur ke daerah terdekat seperti puncak Bogor yang waktu tempuhnya dapat mencapai 3-5 Jam, , sekarang dengan akses waktu tempuh yang hampir sama sekitar 3-5 Jam Lampung berpotensi untuk menarik wisatawan dari ibukota dan daerah lain dengan wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan kawasan Puncak bogor, Lampung kita ketahui menyuguhkan wisata alam yang komplit mulai dari Pantai, Laut, Gunung, flora dan fauna endemik serta ke-khasan budaya yang terdapat pada provinsi yang juga disebut Indonesia Mini ini, sarana penunjang yang lain seperti penginapan juga sudah bertaburan.
Sejak 2017 pembangunan perekonomian Lampung didominasi oleh sektor pertanian sebesar 35,93 % dan terus berupaya dalam akselerasi peningkatan pembangunan pertanian mengingat potensi Lampung untuk ketahanan pangan dan potensi ekonomi pertanian sangatlah besar, database kementerian Pertanian tahun 2013 Lampung merupakan penghasil komoditas kopi pertama di Indonesia sebesar 22,63% dari produksi Nasional, produksi Padi terbesar ke-7 di Indonesia, produksi jagung terbesar ke-3 di Indonesia, begitu juga dengan produksi tebu dan lada, Lampung adalah provinsi yang memproduksi tebu dan lada terbesar ke-2 di Indonesia. Tanggagapan mengenai perekonomian juga menjadi pengharapan Dharma Setiawan (penggerak pasar Yosomulyo Pelangi) dan M.Ryan Fahlevi dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Metro. Mereka berharap Lampung dapat melirik potensi ekonomi kreatif karena banyak ide dan inovasi oleh generasi muda Lampung untuk memulai enterpreneurship seperti fashion, Kuliner, kerajinan tangan , IT, media digital musik, dan seni film, tentunya dalam hal ini dukungan pemerintah sangat penting untuk memberikan semangat baru dalam bidang Ekonomi kreatif tersebut dalam menyambut Revolusi Industri 4.0.
Berkaitan dengan statemen Gubernur Lampung bahwa beliau telah meyakinkan Presiden Jokowi bahwa Lampung akan menjadi Lumbung ternak nasional, Hasrun yang mempunyai darah keturunan Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga berujar bahwa statemen tersebut bukanlah mimpi disiang bolong, karena kita semua ketahui Provinsi Lampung adalah penghasil Sapi terbesar di Sumatera dan nomor 5 terbesar di Indonesia, tidak menutup kemungkinan kedepan Lampung dapat menjadi Lumbung ternak Nasional khususnya pada ternak sapi.
Lampung Berjaya sektor pendidikan dan agama selaras dengan salah satu program utama kepemimpinan Presiden Ir. Joko Widodo 5 tahun ke depan untuk meningkatkan SDM masyarakat Indonesia, dalam hal ini Dr. Rodhy Harisca, M.Ed. alumni Omdurman Islamic University Sudan menyampaikan bahwasanya masyarakat lampung sangat antusias dengan program tersebut dan menjelaskan dua poin penting yang dapat diupayakan guna menunjang kejayaan provinsi Lampung pada program tersebut, yaitu pertama bidang pendidikan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan bagi para tenaga pengajar sesuai kualifikasinya baik di tingkat SD, SMP, SMA maupun perguruan tinggi yang pada gilirannya akan menghasilkan peserta didik yang berwawasan luas dan dapat bersaing di dunia global; kedua dalam bidang Agama, dengan adanya sinergitas antara Pemprov Lampung dan MUI Lampung agar masyarakat dapat memahami dan mengaplikasikan norma-norma agama sehingga diharapkan masyarakat Lampung dalam hal ini menjadi insan yang baik.

Leave a Comment