Partner Konsorsium Multimedia

Tumbuhkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Hadirkan Mobil Perpustakaan Keliling di Musrenbang

Sebagai upaya menumbuhkan minat baca masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan menghadirkan mobil perpustakaan keliling disetiap Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan.

Layanan mobil perpustakaan keliling diharapkan menjadi sarana pelayanan kepada masyarakat pengguna perpustakaan yang tidak dapat dijangkau secara langsung.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lampung Selatan, Qorinilwan mengatakan, tujuan dari pelayanan perpustakaan keliling untuk meratakan layanan informasi dan minat bacaan kepada masyarakat Kabupaten Lampung Selatan.

“Tujuannya untuk membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan informal kepada masyarakat. Serta meningkatkan minat baca masyarakat dengan mengembangkan buku cinta kepada masyarakat,” kata Qorinilwan, ditemui saat pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Natar, di Lapangan Rejosari, Senin (13/02/2023).

Lebih lanjut Qorinilwan mengatakan, dengan hadirnya perpustakaan keliling tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan ikut mencerdaskan masyarakat. Selain itu dapat menyebarkan informasi hingga ke pelosok desa yang ada di Lampung Selatan.

“Disamping itu juga untuk meminimalisir ketegangan informasi dikalangan masyarakat yang diakibatkan adanya faktor kultural dan struktural,” ujar Qorinilwan.

Lebih lanjut Qorinilwan menuturkan, selain dalam kegiatan Musrembang, perpustakaan keliling hadir juga dalam setiap kegiatan baik itu kegiatan Pemerintah Daerah yang lain, sekolah-sekolah baik TK, SD dan SMP maupun kegiatan komunitas.

“Dengan syarat mengirim surat permohonan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Kita mengupayakan pendahuluan permohonan yang masuk,” pungkasnya.

Leave a Comment